February 21, 2019
Berita Desa

Inspektorat Periksa Keuangan Desa di Batanghari

Inspektorat Periksa Keuangan Desa di Batanghari

Suasana Pemeriksaan Administrasi oleh Inspektorat

BATANGHARI (lampungadhigana.com) Inspektorat Kabupaten Lampung Timur melakukan pemeriksaan reguler di Kecamatan Batanghari pada Rabu (19/09). Pemeriksaan yang dihadiri oleh kepala desa, sekretaris desa, bendahara desa, dan TPK dari seluruh desa di Kecamatan Batanghari ini digelar di BalaidesaTelogorejo Bedeng 44.

 

Menurut Suryadi, S.IP, M.Si., selaku pengendali teknis, bahwa kegiatan pemeriksaan ini berdasarkan surat Bupati Lampung Timur.

 

"Pemeriksaan bersifat evaluasi terhadap penyelenggaraan pemerintahan di tingkat desa. Adapun materi evaluasi ini mencakup kegiatan pembangunan dan lain-lain. Pemeriksaan, evaluasi, dan pengawasan merupakan amanat amanat undang-undang yang harus dilaksanakan.

 

Desa sebagai ujung tombak pemerintah yang berhadapan langsung dengan masyarakat dan mengelola dana desa yang relatif besar. Pengelolaan dana desa harus akuntabilitas," jelas Suryadi pada saat pembukaan acara.

 

Sementara menurut S.G. Puspito, S.IP, Kepala Desa Banjarrejo menyatakan menyambut baik kedatangan tim dari inspektorat dan siap untuk di evaluasi.

 

"Kami mengucapkan banyak terimakasih atas kedatangan tim inspektorat kabupaten lamtim ini, semoga evaluasi ini dapat menjadi pembelajaran untuk perbaikan di kemudian hari," ujar Puspito.

 

M. Suparjo, salah satu anggota tim inspektorat, menjelaskan bahwa evaluasi yang dilakukan tim inspektorat mencakup pemeriksaan administrasi keuangan desa dan dilanjutkan pemeriksaan fisik. |r-1