February 21, 2019
Politik dan Pemerintahan

Desa Se-Kecamatan Batanghari Gelar Musrenbangdes

Desa Se-Kecamatan Batanghari Gelar Musrenbangdes

Suasana Musrenbang di Desa Banjarrejo, Kecamatan Batanghari, Lampung Timur (Foto by Aan/08-10)

LAMPUNG TIMUR – BATANGHARI (lampungadhigana.com). Seluruh desa Se-Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur telah mengagendakan kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes), dimulai dari 8 Oktober hingga 18 Oktober 2018.

Hal tersebut dibenarkan oleh Camat Kecamatan Batanghari, Rohiman, S.IP., bahwa pihak kecamatan dan forkopincam serta para kepala desa telah sepakat untuk menggelar acara musrenbangdes mengikuti jadwal yang telah ditetapkan bersama agar semua pihak terkait bisa hadir dalam acara musrenbangdes mengingat pentingnya acara tersebut.

“Hingga saat ini sudah sembilan desa yang menggelar musrenbang, tinggal delapan desa lagi, hingga minggu depan jika tidak ada halangan maka seluruh desa di Kecamatan Batanghari telah menggelar musrenbangdes semua,” ujar Rohiman (16/10).

Menurut Rohiman, kegiatan musrenbang adalah kegiatan yang sangat penting , baik bagi pemerintah maupun bagi masyarakat itu sendiri.

“Bagi pemerintah, hasil kegiatan musrenbang adalah dasar untuk menentukan kebijakan pembangunan, sedangkan bagi masyarakat musrenbang ini adalah momen yang sangat bagus untuk menyampaikan aspirasi atau usulan-usulan tekait pembangunan di desanya. Saat ini semua pembangunan di desa harus ada dan wajib tercantum di RPJMDes maupun RKPDes, baik itu pembangunan dari dana APBN, APBD, maupun APBDes sendiri, jadi musrenbangdes adalah kegiatan yang sangat penting. Jangan berharap usulan-usulan pembangunan bisa terealisasi jika tidak ada dalam RPJMDes maupun RKPDes,” jelas Rohiman.

Selain itu, Rohiman juga menghimbau agar usulan-usulan dari desa bisa variatif dan inovatif sesuai dengan Program Inovasi Desa (PID) yang didengungkan oleh pemerintah pusat dan daerah. (Aris)