October 22, 2019
Politik dan Pemerintahan

Tes CPNS 2018 di Kota Metro Dipastikan Tanpa Kecurangan

Tes CPNS 2018 di Kota Metro Dipastikan Tanpa Kecurangan

Wisma Haji Al-Khairiyah Kota Metro menjadi tempat tes CPNS 2018

METRO (lampungadhigana.com) Wisma Haji Al-Khairiyah Kota Metro, Provinsi Lampung, menjadi tempat tes CPNS 2018 di hari ini, Jumat, 26/10/2018. Peserta tes yang bakal mengikuti tes di Wisma Haji Al-Khairiyah Kota Metro sebanyak enam kabupaten, sementara untuk hari pertama dan di sesi pertama diikuti oleh peserta dari Kabupaten Mesuji.

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Mesuji, Adi Sukamto, ada ratusan peserta CPNS 2018 dari Kabupaten Mesuji yang mengikuti tes hari ini.

"Formasi CPNS yang dibutuhkan di Kabupaten Mesuji adalah 285. Itu untuk semua formasi. Sedangkan peserta yang mendaftar sebanyak 3.567 peserta. Pelamar paling banyak didominasi oleh pelamar tenaga pendidikan dan kesehatan. Pada sesi pertama ada 290 peserta yang hadir dan ada dua yang tidak hadir sehingga dipastikan gugur," kata Adi Sukamto.

Sementara menurut Welly Adiwantra, selaku Kepala BKD Kota Metro, memastikan bahwa pelaksanaan tes CPNS ini tidak akan ada kecurangan.

"Sistem pengamanan tes ini sudah menggunakan sistem pengamanan tingkat tinggi. Kita sudah menggunakan standar keamanan untuk istana presiden, yaitu menggunakan badan sandi negara nasional. Hacker tidak akan bisa masuk karena sistemnya offline, bukan online. Bahkan, untuk soalpun berbeda-beda antara kanan, kiri, depan, dan belakang peserta," jelas Welly.

Walikota Metro, Ahmad Pairin, juga menambahkan bahwa tidak akan kecurangan dalam tes sekarang ini, apalagi jika ada peserta yang ingin memakai joki.

"Seluruh peserta yang mengikuti tes sebelumnya harus registrasi terlebih dahulu dan semua memakai barcode. Itu sudah SOP, jadi sulit untuk mencoba-coba curang atau memakai joki," terang Pairin. (Aris)