February 21, 2019
Berita Desa

Gantiwarno Fokus Realisasikan DD Untuk Infrastruktur

Gantiwarno Fokus Realisasikan DD Untuk Infrastruktur

Pembangunan jalan telford di Desa Gantiwarno selesai seratus persen.

PEKALONGAN (lampungadhigana.com) "Untuk pengalokasian Dana Desa (DD) Desa Gantiwarno di Tahun 2018 masih fokus pada Bidang 2 atau Bidang Pembangunan Infrastruktur. Hal tersebut sudah sesuai dengan petunjuk dari pemerintah pusat yang membuat daftar prioritas bahwa Dana Desa seyogyanya dialokasikan untuk bidang infrastruktur atau pembangunan fisik. Kalaupun ada untuk bidang lain ditekankan dianggarkan di Bidang 4 atau Bidang Pemberdayaan Masyarakat. Sebagai pemerintah desa, kami mengikuti itu, sepanjang memang bertujuan untuk kesejahteraan masyarakat dan sesuai dengan usulan dari masyarakat,"  ujar Sarno, Kepala Desa Gantiwarno, Kecamatan Pekalongan, Kabupaten Lampung Timur, saat ditemui wartawan Surat Kabar Lampung Adhigana di lokasi pembangunan jalan telford yang sudah selesai seratus persen (12/18).

Melalui Dana Desa (DD) yang dikucurkan oleh pemerintah pusat ke Pemerintah Desa Gantiwarno di Tahun 2018, Sarno bersama perangkat desa lainnya beserta masyarakat, membangun dan memperbaiki infrastruktur desa agar lebih bermanfaat dan menambah kesejahteraan bagi masyarakat desanya. Selain itu, bidang pemberdayaan juga tetap dianggarkan meskipun dengan porsi yang lebih kecil.

"Saat ini kami masih konsen pada pembangunan infrastruktur dasar, seperti pembangunan jalan lapen, jalan telford, jalan rabat beton, gorong-gorong, drainase, dan jambanisasi yang terbagi di beberapa dusun Desa Gantiwarno," jelas Sarno.

Rincian global pendanaan APBDes Desa Gantiwarno Tahun 2018 bisa dilihat di Baliho APBDes yang dipasang di depan balaidesa dan tempat strategis lainnya. Masyarakat bisa melihat alokasi penggunaan Dana Desa di Desa Gantiwarno dengan jelas. Pemasangan baliho tersebut sebagai wujud dari transparansi pengelolaan Dana Desa di Desa Gantiwarno. Untuk bidang pembangunan infrastruktur yang paling prioritas, Desa Gantiwarno membangun jalan lapis penetrasi (lapen) sepanjang 828 x 3 meter berlokasi di Dusun 1 dan Dusun 2, dan pembangunan drainase ukuran 0.5 x 0.25 x 950 1520 meter.

Sementara untuk bidang pemberdayaan masyarakat dan bidang lainnya dianggarkan untuk kegiatan Pelatihan Aplikasi Siskeudes, Insentif Guru Taman Belajar Keagamaan, Insentif Guru PAUD dan TK, Pengelolaan Koran Desa, Penyelenggaraan Musyawarah Perencanaan Pertanggungjawaban dan Serah Terima, Sosialisasi Dana Desa, Pelatihan Jurnalis, Pelatihan Produk Hukum, Pelatihan Pencegahan dan Penanganan Tindak Pidana Korupsi, dan lain-lain.

Sebagai penanggung jawab pengelolaan dana desa,  Sarno sangat bersyukur pelaksanaan dana desa di Tahun 2018 dapat berjalan sesuai rencana dan aturan yang berlaku.

“Saya bersyukur bisa mengelola Dana Desa dari pemerintah pusat ini dengan maksimal. Saya dan masyarakat menerapkan sistem mengedepankan penggunaaan sumber daya lokal, terutama dalam hal material dan tenaga kerja. Kami berusaha sekuat tenaga untuk menjaga mutu sesuai dengan Rencana Anggaran Biaya (RAB) dan desain yang telah disahkan. Dengan adanya dana desa, saya sangat optimis infrastruktur di Desa Gantiwarno semakin membaik, semoga Dana Desa bisa tetap dikucurkan ke desa demi kesejahteraan masyarakat,” pungkas Sarno. (red)